Imigrasi Surabaya Gelar Coffe Morning dengan Komunitas Bandara Juanda

SIDOARJO – Dalam rangka pembangunan Zona Integritas di Kawasan Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), yang merupakan prioritas nasional pencegahan korupsi sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018, Tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

Hari ini (23/4) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya menggelar Coffe Morning dengan Komunitas Bandara Juanda yang terdiri dari instansi-instansi terkait antara lain, Angkasa Pura, Otoritas Bandara Juanda, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Balai Karantina Pertanian, Bea Cukai dan Komandan Pangkalan Udara Angkatan Laut.

Menurut Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Zakaria, kegiatan ini sebagai tindaklanjut surat dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan, serta Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Nomor IMI.2-UM.01.01-5. 1068 tanggal 10 April 2019, tentang penetapan TPI Bandar Udara dan Pelabuhan Laut sebagai unit kerja percontohan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

Dia menyampaikan bahwa, seluruh Kepala Divisi dan Kepala Kantor Imigrasi yang membawahi kawasan Bandar Udara maupun Pelabuhan Laut yang telah ditetapkan sebagai prioritas Pembangunan Zona Integritas WBK yang berjumlah 6 Bandar Udara dan 6 Pelabuhan Laut, telah mendapatkan arahan langsung dari Direktur Jenderal Imigrasi, Sekretaris dan para Direktur dilingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi, pada rapat di Jakarta (15/4).

“Diantara dua kawasan tersebut ada di Wilayah Jawa Timur yaitu, Bandar Udara Juanda Surabaya dan Pelabuhan Laut Tanjung Perak,” ujar Zakaria dalam membuka sambutannya.

Dalam kegiatan berlangsung para undangan yang hadir juga menyampaikan informasi dan persiapan terkait Pembangunan Zona Integritas (ZI) diinstansinya masing-masing, serta memberikan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya yang telah jauh melangkah dalam persiapan pembangunan ZI di kawasan Bandar Udara Juanda Surabaya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Barlian mengatakan bahwa, tidak dipungkiri dalam membangun Zona Integritas, diperlukan dukungan dari instansi-instansi terkait. Dia juga mohon dukungannya kepada seluruh instansi yang berada dilingkungan Bandar Udara Juanda Surabaya untuk mewujudkan TPI Bandar Udara Juanda menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

“Pembangunan Zona Integritas di TPI Bandara Juanda adalah cara reformasi birokrasi agar tercapainya good dan clean government, sehingga terwujudnya good corporate government. Ini merupakan program wajib pemerintah yang harus dilaksanakan,” kata Barlian. (Red).