PBB Kritik Pemprov Jatim Tak Buka Anggaran KUA PPAS Ke Publik

Suaralantang.com, SURABAYA – Anggota DPRD Provinsi Jatim dari Partai Bulan Bintang (PBB) Mathur Husyairi Meminta Pemprov Jatim membuka ke  publik dokumen Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS).

“Kapan anggota DPRD Jatim bisa dapat dokumen KUA PPAS ya? Kok dokumen ini susah banget diakses dan diperoleh,” katanya dilansir dari laman rmoljatim. Selasa (29/10).

Kesulitan DPRD Jatim mengakses data KUA PPAS ke Pemprov Jatim itu hampir sama dengan yang dialami oleh DPRD DKI Jakarta. Dia berharap anggota legislatif yang lain juga pro aktif menanyakan hal itu ke Pemprov Jatim.

“E-planning, e-budgeting dll cuma basa basi, di DKI Jakarta PSI ribut karena gubernur tak upload dokumen KUA PPAS, di Jatim adem-adem saja tuh,” imbuh Anggota Fraksi Keadilan Bintang Nurani itu.

Mathur menceritakan, sejak awal dirinya sudah aktif meminta data-data tersebut. Bahkan, aktivis anti korupsi itu juga sudah berkirim surat ke pimpinan dewan agar data tersebut bisa diberikan kepada DPRD Jatim.

“Jauh- hari saya sudah kirim surat ke pimpinan, terus di disposisi ke ketua fraksi, sampai akhirnya pak ketua fraksi saya mendahului kita, itu dokumen tak kunjung datang,” tegasnya.

Menurut Mathur, seharusnya, KUA PPAS adalah hal teknis, sehingga pemberian data itu tidak boleh dipersulit. Dia juga mengingatkan adanya UU 14 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Masa dewan harus pakai mekanisme UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik? kenapa hal teknis kek gini tak dibahas dlm Tatib? Apa memang bukan ranahnya?,” pungkasnya.