POLITIK ITU MULIA

 

Oleh : H. CHAIRUL HIDAYAT

(Caleg DPR RI Dapil Jatim VIII Partai Bulan Bintang)

 

Berpolitik yang baik adalah berpolitik yang dilandasi niat ibadah dengan motivasi untuk mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta, Allah SWT … Jangan sampai berpolitik justru akan menjauhkan diri kita dari Allah SWT, Sang Maha Pencipta.

Ada 5 hal yg menjadi prinsip dasar agar motivasi berpolitik menjadi ibadah di sisi Allah SWT :

Pertama, berpolitik harus bermatra pada niat yg tulus yg orientasinya harus kepada Allah dan hanya karena Allah SWT … Kursi DPR atau DPRD hanyalah media pengabdian untuk berbuat yg terbaik demi kemaslahatan umat/rakyat dan marwah agama… Uang cuma rumput kebun, kebun dan sawah yg ikut tumbuh ketika kita menanam padi atau jagung.

Kedua, berpolitik harus membuat ibadah semakin berkualitas… pribadi-pribadi yg semakin bijaksana… perilaku-perilaku yg semakin santun dan taktis… Sebab keberhasilan berpolitik seorang muslim tidak terlepas dari izin Allah SWT.

Ketiga, berpolitik harus membentuk pribadi-pribadi yg semakin cerdas membaca dan taktis dalam bertindak.

Keempat, berpolitik itu ikhtiar harus semakin kuat dan konsisten… mampu membaca dan mengenali diri… mengenali kekuatan dan kelemahan… mengenali kawan dan lawan.

Kelima, berpolitik itu harus menciptakan banyak kawan dan mampu membuat kawan2 dekat… dan lawan lebih dekat dan lebih akrab lagi.
Lima faktor di atas menjadi bagian penting sebagai kunci2 sukses dalam berpolitik yang akhirnya membuat rezeki juga semakin berkah dan bertambah…

Politik berorientasi uang, hanya akan membuat seseorang menjadi semakin letih dan kelelahan… Yang terpenting adalah jangan sampai politik menjauhkan dari Allah SWT, Sang Maha Pencipta dan kerabat2 yg seharusnya kita rangkul sebagai kawan beriring dalam perjuangan. Wallahu a’lam bissawab.