PT Hijau Alam Nusantara Gandeng DLH Probolinggo Gelar Sosialisasi Pengelolaan Limbah B3

PROBOLINGGO – PT Hijau Alam Nusantara (HAN) menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo mengadakan sosialisasi pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), bagi para pelaku usaha industri di wilayah Kota Probolinggo. Acara digelar di Orin Hall And Resto, Jl. Panjaitan No. 1-A Kota Probolinggo, Kamis (27/2/2020).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa. Narasumber yang dihadirkan dalam acara tersebut Yayok Suryo.

General Manager (GM) PT HAN Achmad Hadi Yanto menjelaskan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk bertukar pikiran tentang Pengelolaan Limbah B3, sekaligus melakukan dialog dengan pelaku usaha lainnya.

“Tujuan kita adakan sosialisasi ini karena saat ini keinginan para penghasil limbah untuk melakukan pengelolaan Limbah B3 dan limbah lainnya secara benar sesuai ketentuan dan berwawasan lingkungan terus meningkat,” kata Hadi dalam keterangannya, (27/2).

Menurut Hadi, berdasarkan PP Nomor 101 Tahun 2014, Pengelolaan Limbah B3 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang mencakup pengurangan, penyimpanan, pengumpulan, pengangkutan, pemanfaatan, pengolahan dan/atau penimbunan. Dalam rangkaian Pengelolaan Limbah B3 tersebut, perlu keterlibatan beberapa pihak, yaitu, penghasil limbah B3, Pengangkut Limbah B3, Jasa Pengumpul Limbah B3 dan Jasa Pengelola limbah B3 yang dapat berupa pengolah, pemanfaat, dan/atau penimbun Limbah B3, disamping itu adanya pilihan untuk melakukan ekspor limbah B3.

“Terkait Pengelolaan Limbah B3, kami pelaku usaha sangat membutuhkan peran serta pemerintah daerah, apalagi dalam PP 101 Tahun 2014 jelas bahwa Pengelolaan Limbah B3 adalah instrumen administratif preventif yang penerbitannya dapat dilakukan dalam 1 (satu) izin yang terintegrasi oleh Menteri, gubernur, atau bupati/walikota,” terangnya.

Hadi juga menjelaskan bahwa, sosialisasi ini juga sebagai kontribusi yang besar dari PT HAN bagi Kota Probolinggo untuk penataan kegiatan pengelolaan Limbah B3.

Berbagai program pengelolaan lingkungan hidup yang berbasis pada masyarakat berupaya digali dan dikembangkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo dengan harapan agar masyarakat dapat terlibat langsung dan aktif hingga secara bertahap dapat mandiri dalam mengelola lingkungannya.

“Kami PT HAN selalu siap memberikan kontribusi bagi pengembangan program-program inovatif dalam pengelolaan lingkungan berbasis partisipatif dilakukan secara sinergis (terpadu) melibatkan berbagai elemen (Pemerintah, Masyarakat RT/RW, LSM, Pengusaha/Swasta, Sekolah, dan komponen lain yang terkait),” pungkasnya. (Red)