Santri TK Putera Zaman Malang Menyulap Botol Bekas Menjadi Wadah Media Tanam

Suaralantang.com, KOTA MALANG – Sampah kemasan botol plastik ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjadi wadah bertanam yang ramah lingkungan.

Hal inilah yang dilakukan anak-anak TK Putera Zaman Malang pada hari Jumat lalu. (18/10/2019).

Bermodalkan sampah botol kemasan air mineral, Anak-anak didampingi ustadzahnya memulai bertanam bunga krokot. Konsep ini dinilai cukup mudah, karena tidak memakan banyak ruangan dan ramah lingkungan.

Salahsatu santri meletakkan tanaman dipagar sekolah

Kegiatan ini ditujukan untuk menanamkan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan.

“Dengan memiliki tanaman, anak akan belajar mencintai dan merawat tanaman itu hingga tumbuh besar. Contohnya, menyiram, memberi pupuk, sampai menaruhnya di tempat yang terkena matahari. Hal kecil ini bisa menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan”. Kata ustadzah ni’mah selaku koordinaator kegiatan.

Sebelumnya, pada hari yang sama anak-anak diajak keliling kampung sekitar sekolah untuk memungut sampah di sepanjang jalan.

“Membiasakan anak membuang sampah pada tempatnya juga bisa membuat mereka berlatih membedakan jenis-jenis sampah, dimulai dari sampah organik dan nonorganik. Nah, ketika anak sudah terbiasa dengan perilaku ini, akan timbul kesadaran dan kebiasaan menjaga lingkungan hingga mereka dewasa.” Pungkasnya.

Santri TK Putera Zaman memungut sampah di jalan

Kegiatan ini merupakan kegiatan soft skill tema lingkungan yang dilakukan di TK Putera Zaman Malang. (Red)