Terus Berinovasi, Aplikasi SIAP ZI Kemenkumham Jatim Dapat Tanggapan Positif

JAKARTA – Implementasi Proyek Perubahan yang diusung Kadiv Administrasi Haris Sukamto kembali mendapatkan dukungan dari stakeholder.

Setelah Ombudsman RI Perwakilan Jatim, kali ini giliran Kepala Biro Perencanaan Kemenkumham Iwan Kurniawan dan Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkumham Aliamsyah yang menyampaikan tanggapan positif.

Pertemuan untuk mempresentasikan sekaligus mendapatkan masukan dari stakeolder internal tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Kepala Biro Perencanaan.

Forum itu juga dihadiri oleh Kabag RB Sri Yusfini dan Kabag TI Chusni Thamrin. Kegiatan diawali dengan pemaparan oleh Haris.

Dalam sesi diskusi, Iwan mengungkapkan bahwa apa yang tertuang dalam aplikasi sudah sesuai dengan variabel yang ada di PermenPAN-RB Nomor 52 Tahun 2014 Tentang RB. Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Haris.

Namun, Iwan juga mengungkapkan perlu penajaman terkait deskripsi dan data-data. Karena nantinya laporan pembuatan aplikasi ini akan menjadi rujukan orang lain.

“Sehingga bisa memberikan data yang akurat terkait pelaksanaan RB di Kemenkumham,” tuturnya.

Sedangkan Aliamsyah mengungkapkan bahwa aplikasi ini menjadi langka yang positif. Terutama untuk mendukung program reformasi birokrasi di lapangan. Namun, Ali tetap memberikan masukan agar aplikasi ini terus disempurnakan menjadi sistem informasi.

“Pembuatan sistemnya sudah cukup bagus. Kalau nantinya akan diadopsi ke tingkat nasional perlu adanya penyesuaian secara teknis,” terang Ali.

Meski begitu, Ali dengan tegas mengatakan pihaknya sangat mendukung proyek perubahan ini, Yaitu dengan memberikan dukungan dari aspek teknis.

Terbukti, usai presentasi, tim IT Kemenkumham Jatim langsung difasilitasi untuk menginstall aplikasi di Data Center milik Kemenkumham. Sampai berita ini ditulis, tim masih bekerja untuk melakukan instalasi jaringan dan web servernya. (Red).